Cara menjaga kesehatan di musim kemarau perlu di ketahui, apalagi sekarang kita sudah meninggalkan musim penghujan dan memasuki musim kemarau.

Tentu Anda tidak ingin mengalami sakit, terutama di sepanjang musim kemarau. Dengan badan tetap fit dan sehat, aktivitas tetap lancar dan kualitas hidup Anda pun terjaga.

Seperti halnya di musim penghujan, ada beberapa gangguan kesehatan yang rentan menyerang saat musim kemarau. Beberapa penyakit tersebut seperti diare, infeksi saluran pernapasan atas, dan dehidrasi.

Menjaga kesehatan tubuh saat musim kemarau bukan hal mustahil untuk dilakukan, meski tak segampang membalikkan telapak tangan. Anda tetap butuh niat dan tekad kuat untuk tetap sehat.

Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat terhindar dari beragam penyakit yang bisa menyerang saat musim kemarau.

Nah, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan di musim kemarau, yang bisa Anda terapkan, di sadur dari Klikdokter, Senin (1/8/2022).

1. Cukup Tidur

Selama musim kemarau dan musim-musim lainnya, Anda di anjurkan untuk mencukupi waktu tidur dalam sehari. Rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah sekitar delapan per hari.

Dengan tidur yang cukup, daya tahan tubuh Anda juga akan tetap optimal sehingga berbagai penyakit di musim kemarau tidak mudah menyerang. 

Tak hanya itu, tidur yang cukup membuat kinerja tubuh tetap terjaga dengan baik lantaran tubuh memiliki waktu istirahat sambil memperbaiki sel-sel yang rusak.

2. Banyak Minum Air Putih

Cuaca yang panas membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat sehingga, risiko Anda untuk mengalami dehidrasi juga turut meningkat.

Cara terbaik yang bisa di lakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat musim kemarau adalah dengan minum air putih sebanyak delapan gelas sehari. 

Batasi atau hindari minuman berkafein dan bersoda karena keduanya tak membantu memenuhi cairan tubuh layaknya air putih.

3. Perhatikan Kebersihan Diri dan Bahan Makanan

Paparan debu yang tinggi membuat tangan atau bahan makanan lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri atau kuman penyebab penyakit. Maka itu, Anda di tuntut untuk lebih memperhatikan kebersihan diri dan asupan yang hendak di konsumsi.

Untuk menjaga kebersihan diri, Anda di anjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Lalu, mandilah paling tidak dua kali dalam sehari.

Sementara untuk menjaga kebersihan bahan makanan, cucilah segala sayuran atau buah yang baru di beli dengan air bersih. Pastikan pula Anda hanya minum dari sumber air yang bersih atau yang sudah di masak hingga matang terlebih dahulu. Hindari jajan sembarangan, apalagi bila jajanan tersebut dijual di pinggir jalan.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Makanan sehat dan bergizi seimbang berperan penting untuk menjaga kinerja serta kesehatan tubuh. Dalam hal ini, beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, seperti sayuran, kacang-kacangan dan buah. Hindari atau batasi konsumsi makanan cepat saji dan gorengan–apalagi yang dijual di pinggir jalan.

5. Tetap Aktif

Berolahraga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima, sehingga penyakit tak mudah menyerang. Anda tidak perlu melakukan olahraga intensitas berat. Yang terpenting, olahraga tersebut sesuai kondisi kesehatan, minat serta dilakukan secara rutin dan teratur.

Beberapa aktivitas fisik ringan seperti berkebun, membersihkan rumah atau sekadar berjalan mengitari lingkungan sekitar bisa Anda jadikan pilihan. Jika memungkinkan, gunakan masker saat berolahraga.