Fakta Penyakit Jantung : Salah satu fakta penyakit jantung pertama yang harus Anda waspadai adalah, menurut British Heart Foundation, penyakit ini bertanggung jawab atas lebih dari 88.000 kematian di Inggris setiap tahun dan terus meningkat.

Anda juga harus tahu bahwa risiko Anda menjadi bagian dari statistik ini meningkat seiring bertambahnya usia, sementara pilihan gaya hidup Anda juga dapat merusak peluang jantung sehat Anda. Jika Anda memiliki pola makan yang buruk, merokok, minum alkohol secara berlebihan atau kelebihan berat badan maka Anda lebih mungkin menjadi korban penyakit jantung.

PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung disebabkan oleh penyumbatan di arteri yang menyediakan oksigen dan nutrisi penting untuk jantung Anda. Kumpulan timbunan lemak di dalam dinding arteri (aterosklerosis) mengurangi lebar arteri, mempersulit darah untuk dipompa melalui jantung sehingga mengurangi oksigen dan nutrisi.

Saat kondisi berkembang, lemak menumpuk kolesterol, limbah sel dan zat lain di dinding bagian dalam mengembangkan tambalan yang disebut ‘plak’.

Penutup ini menghalangi nutrisi yang sangat dibutuhkan agar tidak diserap oleh dinding arteri, sehingga mengurangi elastisitas. Akibatnya adalah peningkatan tekanan darah dan kemungkinan terjadinya penggumpalan darah, biasanya menyebabkan serangan jantung.

GEJALA PENYAKIT JANTUNG

Meski belum tentu merupakan indikasi Penyakit Jantung Koroner, ada beberapa gejala yang mungkin menjadi tanda berkembangnya masalah. Contohnya adalah sesak napas yang luar biasa ketika melakukan pekerjaan ringan atau istirahat, atau sesak napas yang datang tiba-tiba.

Gejala lain yang harus diperhatikan termasuk jantung berdebar (di mana detak jantung Anda tiba-tiba meningkat), pingsan, retensi cairan, semburat kebiruan pada kuku atau bibir dan kelelahan yang tidak biasa.

Jika gejala seperti itu muncul, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sesegera mungkin, meskipun orang-orang dengan faktor risiko tinggi harus melakukannya dengan lebih mendesak. Ini terutama berlaku untuk mereka yang kelebihan berat badan, minum banyak, merokok, tidak berolahraga atau makan makanan yang buruk.

GEJALA SERANGAN JANTUNG

Timbulnya serangan jantung biasanya akan mencakup gejala seperti berkeringat, pusing, mual, sesak napas, perasaan berat atau nyeri di dada yang meluas ke lengan, sakit perut atau mulas yang mirip dengan gangguan pencernaan.

MENJAGA HATI YANG SEHAT

Penyakit jantung bukanlah sesuatu yang bisa di sembuhkan tetapi kesehatan dapat di jaga dengan mengelola risikonya. Dengan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keseimbangan kolesterol dan tingkat tekanan darah yang sehat, Anda dapat bekerja untuk mempertahankan fungsi kardio yang sehat.

Faktor risiko terbesar dan termudah untuk dikendalikan adalah pilihan gaya hidup, terutama bagi perokok. Jika Anda kelebihan berat badan maka perlu diet, jika Anda merokok atau minum terlalu banyak maka Anda perlu mengatasinya sesegera mungkin.

Memastikan tubuh Anda memperoleh nutrisi yang tepat juga dapat mendukung kesehatan jantung. Diet tinggi serat yang mencakup buah dan sayuran yang cukup adalah penting. Untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat, makanan hanya boleh di masak dengan lemak tak jenuh dan garam tambahan harus di jaga seminimal mungkin. Makanan tinggi lemak jenuh juga harus di hindari.

Karena faktor gaya hidup banyak dari kita tidak mendapatkan nutrisi yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan yang optimal. Dalam kasus seperti itu, Anda mungkin merasa bermanfaat untuk melengkapi diet Anda dengan vitamin yang di ketahui membantu mendukung kesehatan kardiovaskular.

Asam Lemak Omega 3

– seperti minyak ikan, minyak biji rami atau minyak krill superba. Omega 3 telah terbukti menjadi salah satu nutrisi terpenting untuk menjaga kesehatan jantung karena sifat anti-inflamasinya.

Psyllium Husks

– Psyllium tinggi serat dan dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (jahat). Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa itu mendukung produksi kolesterol HDL (baik).

Ekstrak Teh Hijau

– anti-oksidan kuat yang telah terbukti mengurangi kolesterol LDL hingga 16%, mendukung keseimbangan kolesterol yang sehat.

Co-Enzyme Q10

– CoQ10 sangat penting untuk produksi energi dan membantu menjaga kesehatan jantung. Ini adalah enzim alami dalam tubuh yang terkuras seiring bertambahnya usia dan sulit di capai melalui diet alami. Suplemen koenzim Q10 adalah KEHARUSAN bagi siapa pun yang menggunakan statin!

Magnesium

– penelitian telah menunjukkan bahwa Magnesium adalah salah satu mineral terpenting dalam tubuh. penting untuk mendukung fungsi yang sehat dari semua organ utama, terutama jantung. Magnesium membantu menjaga ritme jantung yang teratur dan sehat sambil meningkatkan tekanan darah normal.

Ekstrak Daun Artichoke

– telah di tunjukkan oleh sebuah penelitian di University of Reading untuk membantu mendukung keseimbangan kolesterol yang sehat. Ini juga kaya akan flavanoid yang membantu menjaga kesehatan jantung.

KESIMPULAN

Dari semua fakta penyakit jantung, mengetahui risiko pribadi Anda terhadap penyakit jantung dan cara mengelolanya adalah yang paling penting. Penyakit jantung adalah salah satu pembunuh terbesar meskipun banyak kasus dapat di hindari dengan perubahan gaya hidup sederhana. Kombinasikan pola makan sehat dengan olahraga teratur untuk membantu menjaga kesehatan kolesterol dan tekanan darah.

Ada juga banyak suplemen alami untuk membantu memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang di butuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Kurangi faktor risiko Anda lebih lanjut dengan menghindari rokok, minum berlebihan, dan penambahan berat badan.