Langkah Kaki : Meski terkesan mudah di lakukan dan kerap di abaikan, olahraga dalam bentuk jalan kaki ternyata dapat berkontribusi pada peningkatan kebugaran tubuh dan mengurangi jumlah kalori. Tetapi, untuk memperoleh manfaat ini, harus mengikuti jumlah langkah kaki harian yang direkomendasikan. 

Berapa Langkah Kaki yang Di anjurkan dalam Sehari?

1. Usia 3 sampai 5 tahun

Di lansir dari CDC, tidak jelas berapa jumlah langkah harian yang baik untuk anak usia 3 sampai 5 tahun. Sehingga, kalangan ini direkomendasikan untuk tetap aktif secara fisik sepanjang hari.

2. Usia 6 sampai 17 tahun

Mengutip Medical News Today di situs medicalnewstoday.com, sebuah studi 2012 memperkirakan anak usia 6 sampai 17 tahun direkomendasikan untuk berjalan 11.290 sampai 12.512 langkah per-hari.

3. Lansia

Mengutip National Institutes of Health di laman nih.gov, para peneliti menemukan bahwa wanita yang lebih tua sebaiknya mengambil 4.400 langkah dalam sehari. Karena dapat menurunkan risiko kematian di banding mereka yang mengambil 2.700 langkah dalam sehari.

Bagaimana Mengukur Jumlah Langkah Harian?

Merujuk Healthline di laman healthline.com, alih-alih menghitung satu-persatu jumlah langkah kaki, penghitungan bisa di lakukan dengan cara menyetarakannya dalam durasi waktu.

Untuk orang dewasa, termasuk orang tua, bisa meluangkan waktu minimal 150 menit berjalan cepat per-minggu atau setara sekitar 100 langkah per menit. 

Jika ingin mendapat manfaat lebih, jalan cepat bisa di lakukan 300 menit per-minggu. Ini setara sekitar 30.000 langkah per minggu, atau di bawah 5.000 langkah per-hari.

Lebih lanjut, peningkatan langkah harian dapat di lakukan dengan jalan kaki lebih memilih menggunakan tangga di bandingkan lift, parkir di area yang lebih jauh, berjalan ke minimarket (jika jarak tidak terlalu jauh), bersih-bersih rumah, atau berjalan-jalan di mall.

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Ada berbagai pilihan yang bisa kamu lakukan untuk memulai olahraga dengan berbagai jenis olahraga ringan, salah satunya dengan jalan kaki. Olahraga ini tidak membutuhkan banyak peralatan khusus, yang diperlukan hanya pakaian dan sepatu yang nyaman untuk digunakan berjalan kaki.

Kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit per harinya untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Selain itu, Bukan hanya kesehatan fisik, jalan kaki pun bermanfaat bagi kesehatan mental. Yuk, simak berbagai manfaat lain dari jalan kaki bagi kesehatan fisik maupun mental.

  1. Memperkuat Fisik Tubuh

Seringkali Rutin berjalan kaki setiap hari bisa memperkuat fisik tubuh. Olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan otot paha, betis, hingga seluruh bagian kaki. Kamu bisa mencoba berjalan pada area yang menanjak dan menurun. Selain itu, jika kamu menemukan area yang memiliki anak tangga, sebaiknya gunakan anak tangga agar kekuatan bagian kaki semakin optimal.

  1. Menghindari Penyakit Kronis

Ringkasnya, American Diabetes Association mengatakan dengan rutin berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan menghindari risiko diabetes. Hasil penelitian dalam American College of Cardiology mengatakan 1000 langkah yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik.