Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut : Berapa pun usia Anda, menjaga kesehatan tubuh tetap harus menjadi fokus utama. Terlebih ketika Anda sudah menginjak usia 65 tahun atau lebih, masalah kesehatan sesederhana flu dan pilek saja bisa berkembang dan menyebabkan komplikasi. Untuk itu, sangat penting bagi semua orang mengetahui bagaimana menjaga kesehatan di usia lanjut.

Mengutip dari Healthline, ada beberapa tips menjaga kesehatan di usia lanjut, yang penting untuk diketahui dan diterapkan, seperti:

Tetap aktif

Aktivitas fisik merupakan penguat sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak Anda bergerak, maka semakin besar kekuatan tubuh dalam melawan peradangan dan juga infeksi. Tak perlu terlalu berat, bahkan latihan fisik yang ringan pun juga efektif mencegah penyakit. Ini merupakan tips menjaga kesehatan di usia lanjut yang penting untuk diterapkan.

Berjalan, Berenang, bersepeda, atau latihan aerobik ringan lainnya bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di usia lanjut. Lakukan olahraga ringan selama 20–30 menit dalam sehari, untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima meski sudah di usia senja.

Konsumsi suplemen seperlunya

Beberapa suplemen memang ditujukan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen apa pun, terutama jika di saat yang sama Anda juga mengonsumsi obat resep. Beberapa suplemen yang mungkin akan direkomendasikan yakni vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, atau kalsium.

Dalam mengonsumsi suplemen pun tak boleh berlebihan, karena di khawatirkan akan ada efek samping yang berbahaya. Cukup konsumsi suplemen atau multivitamin sesuai anjuran, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi makanan yang sehat

Meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak, sangat baik untuk menjaga kesehatan di usia lanjut dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari virus dan bakteri berbahaya penyebab penyakit.

Buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik. Sementara itu di dalam tubuh, antioksidan memiliki peran dalam melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan, dan menjaga tubuh agar terus sehat.

Batasi juga konsumsi makanan yang manis dan berlemak, yang dapat memicu peradangan dalam tubuh dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sering cuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan yang sudah mulai terbentuk akibat pandemi jangan di tinggalkan, karena ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan di usia lanjut yang penting di lakukan.

Virus atau bakteri penyebab penyakit bisa saja hidup di permukaan tangan Anda. Bayangkan, jika tangan Anda yang telah terkontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit ini, menyentuh area mulut, hidung, atau bahkan mata Anda, ini akan mempermudah kuman masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir paling tidak selama 20 detik setiap cuci tangan. Hindari juga menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor.

Jika sulit mencari tempat mencuci tangan, sediakan selalu hand sanitizer di dalam tas yang Anda bawa bepergian, sehingga Anda bisa memakainya sewaktu-waktu dalam kondisi darurat sekalipun.

Pelajari cara mengelola stres

Stres kronis meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Di saat ada terlalu banyak hormon kortisol dalam darah, ini bisa mengganggu berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Saat sudah memasuki usia lanjut, stres bisa sangat berbahaya, untuk itu, mengetahui cara mengelolanya adalah jalan terbaik untuk tetap sehat. Untuk mengurangi stres bisa di lakukan dengan cara:

  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Istirahat yang cukup
  • Jangan membuat ekspektasi yang tidak realistis
  • Jalani aktivitas yang santai dan menyenangkan
  • istirahat yang cukup
    Tidur tidak hanya dapat mengurangi stres, tapi di saat tidur, tubuh mulai memperbaiki dirinya sendiri. Inilah yang menjadi alasan, mengapa mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mudah melawan penyakit. Seiring bertambahnya usia, tidur juga penting karena dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.